Senin, 15 November 2010

OTOMATISASI KANTOR


BAB I PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

  • Seiring berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), peranan sistem informasi dalam suatu organisasi tidak diragukan lagi
  • Dukungan sistem informasi dapat membuat sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif.  
  • Sekarang ini teknologi informasi melesat dengan cepat, keberadaan sistem informasi juga berperan penting dalam sebuah perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain di era globalisasi seperti saat ini
  • otomatisasi kantor juga memberikan fasilitas tugastugas pemrosesan informasi seharihari di dalam perkantoran dan organisasi bisnis.

  • Suatu perusahaan dalam mengembangkan pemrosen data dibutuhkan suatu kecepatan dalam pemrosen data menjadi sebuah informasi

  • Karena bagaimanapun kita dituntut untuk memberikan yang terbaik dalam waktu yang seefisien mungkin sehingga bisa memberikan suatu kepuasan, baik untuk perusahaan maupun pelanggan perusahaan.

B. Pengertian Otomatisasi Kantor

  •  Otomatisasi kantor didefinisikan oleh O’Brien ( 1996 ) sebagai system informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan-pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik lainnya diantara individual, grup-grup kerja dan organisasi

  • Otomatisasi kantor merupakan penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan untuk meningkatkan perusahaan  



 BAB II TUJUAN DAN MANFAAT OTOMATISASI KANTOR

A. TUJUAN 
  • pendapatan yang lebih tinggi versus penghindaran biaya, computer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi computer menunda penabahan pegawai yang diperlukan untuk menanngani beban kerjja yang bertambah.

  • pemecahan masalah kelompok, cara OA berkontribusi pada komunikasi keadaan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok.

  • pelengkap-bukan pengganti, sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA bukan tanpa keterbatasan. OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisionalpercakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA harus bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.

  • penggabungan dan penerapan teknologi

  • memperbarui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor

  • meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerjaan.
B. MANFAAT 
Agar mahasiswa lebih tahu dalam hal pemanfaatan sistem otomatisasi kantor yang mampu mengelola data inputan kerja menjadi sebuah laporan dengan waktu yang lebih cepat, efisien serta dapat meminimalisasi kesalahan dalam input atau User error.

 
BAB III PENGGUNA OTOMATISASI KANTOR

A. Tahapan Penerapan Otomatis Kantor 

  • Tradisional; penggunaan teknologi utamanya ditujukan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktifitas. Terfokus pada penggunaan Word Processing

  • Transisional; ditandai dengan mulai digunakannya proses data secara elektronik serta dibangunnya aplikasi untuk keperluan pengarsipan, penyimpanan, dan komunikasi yang berbasis komputer.
  • Transformasional; merupakan fase integrasi informasi dan pematangan konsep Information Resource Management (IRM) yang merupakan konvergensi telekomunikasi dan informasi (ICT) 


BAB IV MODEL OTOMATISASI KANTOR






Keterangan Gambar diatas adalah :

  • Karena OA tidak memiliki mengelola data, penggunaan database dibatasi pada isi informasi. Informasi dikumpulkan dari system fisik perusahaan ( SIA mengumpulkan datanya). Informasi juga disediakan oleh lingkungan.

  • Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis computer seperti pengolah kata, e-mail, dann konferensi komputer

  • Pemecah masalah lain berada ditengah-tengah garis yang memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini berarti bahwa orang-orang itu mungkin berada di kedua area tersebut.
  • Model tersebut juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seperti konferensi video dan audio.
Macam-Macam System Otomatisasi Kantor

  • System Komunikasi Elektonik 
System komunikasi elektronik (electronic communication system ) merupakan system teknologi informasi yang digunakan untuk berkomunikasi diantara individu, grup-grup kerja dan organisasi-organisasi. Yang termasuk dalam system ini adalah e-mail, voice mail, facsimile dan bulletin board system.
Bulletin board system (BBS) adalah suatu lokasi lewat jaringan internet yang memungkinkan suatu pesan disimpan di lokasi dan selanjutnya dapat diakses dan didesain oleh orang lain 
  • system Kolaborasi Elektronik
Sytem kolaborasi elektronik adalah suatu system yang tidak hanya pertukaran komunikasi atau pesan, tetapi juga bagaimana informasi atau pesan tersebut digunakan untuk bekerja sama. Contoh aplikasi yang ada pada OA, yang tergolong dalam system kolaborasi adalah teleconference dan telecommuting.
Telecommuting adalah kolaborasi elektronik yang digunakan oleh pekerja yang bekerja dari jarak jauh dengan kantornya 

  • System Publikasi Dan Pengolahan Imej Elektronik
System publikasi elektronik (electronic publishing system) adalah penggunaan teknologi informasi untuk keperluan pembuatan dokumen tercetak. Yang termasuk aplikasi dari system pubikasi dan pengolahan imej elektronik adalah desktop publishing, elektonik document management, presentase graphics dan multimedia presentation.
Elektonik document management (EDM) merupakana system penyimpanan document yang membentuk basis data imej (image database) yang nantinya dapat diakses dan diproses kembali.
Presentation graphic digunakan untuk menampilkan grafik yang akan dipresentasikan. Sedangkan multimedia presentation tidak hanya mempresentasikan grafik saja, tetapi memungkinkan untuk mempresentasikan dalam beberapa bentuk media seperti teks, grafik, foto, suara dan video. 

  • System Pengolahan Kantor
System pengolahan kantor (office management systems) merupakan system kantor otomatis yang mendukung orang-orang di organisasi untuk mengorganisasikan aktivitas-aktivitas kerja mereka. Yang termasuk dalam system ini adalah desktop accessories dan electronic scheduling atau kalender elektronik.
Desktop accessories menyediakan alat-alat seperti kalkulator, kalender, jam, notepad, daftar nomer telepon dan daftar jam janjian. Electronic scheduling membantu pemakai-pemakai system ini untuk mengatur skejul kerja mereka.

  • System Elektronik Formal
didokumentasikan dengan suatu sistem prosedur tertulis. Diterapkan diseluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan SIM 

  • System Elektronik Informal
tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. Sistem-sistem OA ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri, mirip dengan DSS 
Aplikasi Otomasisasi Kantor :

  • Pengolahan kata (word Processing).

  • Surat elektronik (electronic mail).

  • Voice mail.

  • Kalender elektronik (electronic calendaring).

  • Konfrensi audio.

  • Konfrensi video.

  • Konfrensi komputer.

  • Transmisi faximile (FAX)

  • Videotex.

  • Desktop publishing.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Aplikasi Otomatisasi Kantor

  • Jenis Organisasi, yaitu seorang manajer diperusahaan dengan satu lokasi tidak akan mempertimbangkan konferensi audio dan video.

  • Pilihan pribadi, manajer yang memilih komunikasi tatap muka tertarik pada konferensi video dan memanfaatkan kalender elektronik.

  • Sumber daya OA yang tersedia paduan manajer dibatasi oleh sumber oleh sumber daya OA yang tersedia dalam perusahaan  

Pekerja Pengetahuan System Technology


A. Pengertian Pekerja Pengetahuan System Tecnology
Pekerja Pengetahuan System (KWS) adalah aplikasi komputer yang dirancang untuk membantu para pekerja pengetahuan (profesional yang menggunakan informasi sebagai input utama mereka dan yang utama produk distilasi informasi itu) untuk menangkap dan mengatur informasi aktivitas kerja, dan belajar, memprioritaskan , dan melaksanakan tugas-tugas mereka secara lebih efisien dan efektif.
 B. Manfaat Pekerja Pengetahuan System Tecnology 
 Manfaat Pekerja Pengetahuan System (KWS) adalah untuk meningkatkan produktivitas dengan memberikan informasi tugas khusus yang diperlukan, dandengan berasosiasi semua alat bantu otomatis, agen perangkat lunak, dan multimedia referensi dokumen yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu.
C. Fungsi Pekerja Pengetahuan System Tecnology Ada 2 Macam Yaitu :
  • Pekerja Pengetahuan System (KWS) Groupware dirancang untuk digunakan oleh kelompok kerja kolaboratif. Proses dapat ditugaskan di seluruh organisasi untuk mendukung manajemen matriks. Pengetahuan pekerja dapat menetapkan tugas kepada diri mereka sendiri, untuk pekerja pengetahuan lain, atau sekelompok pekerja pengetahuan
  • Pekerja Pengetahuan System (KWS) Workgroup meningkatkan koordinasi dengan memungkinkan para pekerja pengetahuan untuk mengambil dan memperbarui tonggak, penyelesaian tugas, dan informasi status prioritas. Informasi Tambahan (klik untuk memperluas) atau klik SEMUA untuk memperluas semua.

BAB V KESIMPULAN
  • Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM (Sistem Informasi Manajemen) dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM (Sistem Informasi Manajemen) menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen.

  • Otomatisasi kantor (office automation/OA) memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik. OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh, voice mail, e-mail, electronik calendaring, facsimile transmission. Komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial intelligence). 







4 komentar: